Midas Touch #1 The Thumb : Strength of Character

Apakah midas ? Diambil dari mitologi yunani salah satu raja terkenal di wilayah phyrgia (sekarang semenanjung turki) diceritakan konon katanya raja ini bisa  mengubah segala sesuatu yang disentuhnya menjadi emas. Trump dan kiyosaki dalam buku ini menganalogikan seorang Entrepreneur sejati bisa berbuat kurang lebih seperti demikian. Realitas lho ya.. banyak pebisnis ulung yang menyulap perusahaan yang sekarat menjadi kuat bahkan terbang melejit dalam waktu yang relatif singkat. Uniknya kiyosaki dan trump pada buku ini melambangkan setiap enterpreneur yg memililiki sentuhan tangan emas harus memenuhi 5 syarat yg terlambangkan oleh karskteristik masing-masing jari.

1. Jempol : Kekuatan karakter

Beberapa teori dalam bisnis banyak yang menyatakan bahwa gagalnya orang berwirausaha biasanya yg pertama karena kurang modal dan kurang pengalaman bisnis. Tapi ada satu hal lagi yang sangat penting dimana sumbernya dari dalam si pelaku sendiri yaitu kedewasaan emosi yang erat kaitanya pada kuatnya karakter. Secanggih apapun skill yang dia miliki, seluas apapun wawasan yang ia kuasai tapi tanpa tangguhnya karakter tetap dia akan menyerah ditengah pusara, karena permasalahan dan tantangan merupakan makanan sehari-hari dari seorang pengusaha. Jadi tanpa syarat yang ada pada ibu jari ini 4 syarat yang lain akan tidak stabil.

ruang kelas vs kehidupan nyata

Terdapat paradox yang unik ketika sekelas bill gates, steve jobs, atau dalam sekelas pengusaha lokal seperti bob sadino bermasalah dalam hal akademik formalnya. Sekolah atau universitas formal memang umumnya didisain untuk menjadikan siswa atau mahasiswanya sebagai pegawai yang taat ,  berkemampuan teknis unggul, dan tentunya didisain untuk melakukan sedikit kesalahan dalam mlakukan segala sesuatu. Jadi kalau kita juluki si “nilai A” ini sangat perhitungan terhadap suatu tindakan sehingga kesalahan dapat dihindari. Sejak kecil si “nilai A” ini didisain untuk tidak pernah salah di ujian, ke”salah”an adalah suatu keharaman. Ketika sedari dini sudah didisain demikian, hal seperti ini yang membuat mereka sangat takut untuk masuk kedalam zona bebas kehidupan nyata yang sangat bergelimang masalah. Berbeda dengan konsep pengusaha yang memang dari “kesalahan” itulah dia belajar banyak dan banyak belajar. Kesalahan itulah yang mengantarkan kepada ekskalasi hidup berikutnya dengan kematangan mental dan kemampuan logika yang baru. Maka kesalahan adalah gerbang menuju Midas Touch mu.  Biarkan kesalahan dan kegagalanmu menjadi feed-back yang membangun kepribadian tangguhmu berikutnya.

Multiple intellegences

Howard Gardner seorang profesor ahli bidang psikologi dan edukasi dari Harvard membagi kecerdasan manusia dalam belajar dan mengelola informasi kedalam 7 mesin kecerdasan. Beberapa update-an sampai 8 pengelompokan seperti pada diagram dibawah ini :

Kita tidak akan membahas satu per satu mesin kecerdasan silahkan baca saja tentang “multiple intellegences” cari saja di mbah gugel. Disini kita akan menyoroti satu kecerdasan yang sangat penting terutama ketika kita memilih jalan hidup seorang Entrepreneur. Kecerdasan apakah itu ? Kecerdasan ini sering disebut kecerdasan Emosi ada beberapa juga menyebut ” Succes Intellegence”. Nama kerennya adalah “intrapersonal intelegence” kecerdasan ini merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan “self talk” berkomunikasi dengn dirinya sendiri. Lebih jauh kecerdasan ini sangat berkaitan dengan pengaturan emosi pada diri dalam menghandel ketakutan, tantangan, kegagalan ataupun kebahagian. Tidak berlebihan memang ketika sebagian besar menyebutnya mesin kecerdasan untuk sukses. Atlit dunia tentunya sangat membutuhkan kecerdasan ini disamping kecerdasan kinestetiknya untuk senantiasa berlatih dan terus berlatih meskipun kegagalan terus mendera. Kecerdasan ini menjadi dasar untuk sukses di berbagai bidang. Juga kecerdasan inilah yang selalu menolong pengusaha dalam mengarungi dunia ketidakpastian, dimana banyak yang tenggelam akan ketakutan dibandingkan dengan hasrat untuk sukses.

Bisakah kita mengembangkan kecerdasan intrapersonal ?

jawabannya sangat bisa, layaknya seperti kecerdasan dalam verbal atau matematika semakin kita bisa menyelsaikan suatu persoalan maka level kecerdasan ini juga akan meningkat. Semakin kita sering menghadapi masalah ataupun tantangan dan kita mampu mengatasinya, kemahiran kita dalam mengelola emosi akan menigkat. So kuncinya adalah persisten , sabar, fokus pada solusi maka kemampuan intrapersonal kita membaik.

berikut beberapa catatan penting terkait “jempol” yang menandakan seberapa kuat kah karakter kita

a. Terdapat 7-8 kecerdasan pada manusia, kecerdasan intrapersonal sebagaimana kita bisa melakulan self-talk sangat menentukan kesuksesan terutama entrepreneur

b. Feedback terjadi kepada kita baik kita mau ataupum tidak, coba renungi pelajari dan sukseslah dengan banyaknya feedback yang membangun dirimu

c. Menjadi entrepereneur bukan skema jalan cepat kaya. Dia membutuhkan pengorbanan sebagai bagian dari perjalanan dan sangat diperlukan karakter yang kuat untuk memastikannya berjalan terus

d. Menjadi pintar disekolah belum tentu cerdas di jalan Kehidupan nyata. Sebuah dunia yg sangat berbeda Di kehidupan nyata pengelolaan emosi menjadi penentu terpenting kesuksesan

e. Kuatnya karakter bukan berati sombong, tetapi sebuah kekuatan untuk disiplin, determinasi,  dan mengendalikan.

f. Pasar setiap hari mumgkin menyewa dan memecatmu . Gerbang pertama Midas Touch membuat kita bangkit dan bangkit lagi.

Begitulah karakteristik sang Ibu jari yang akan membentuk sentuhan Midas, sampai jumpa di berikutnya di jari telunjuk dengan karakteristik F.O.C.U.S.

wassalam

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s