Terapi berfikir positif #1 : 4 Dampak berfikir negatif

Setelah bertahun-tahun bergelut di dunia enterpreneur.. berpuluh ratus buku , seminar , nonton pidio webinar, mentoring bla bla..  hampir semuanya senada akan urgensi mindset pola fikir yang sangat berperan pada mental dan berujung implikasinya pada kehidupan sehari hari.

bahkan kata salah seorang suhu yg sudah ber puluh2 (hampir seratus) perusahaannya bisnis itu hampir 95% mindset dan karakter.. cuman 5% skill. Dan memang jelas gamblang terasa ketika di lapangan..

nah kali ini saya ingin berbagi salah satu buku super .. ya buktinya dah jadi best seller internasional, banyak jg yang sudah tau mungkin karangan Dr. Ibrahim Elfiky “Terapi berfikir Positif” di seri  ini saya ingin berbagi di bagian bahaya dampak dari fikiran negatif.. bisa dilihat didiagram yg dipoto ini..

1. Prinsip menyerang atau lari

Sederhananya ketika kita melihat anjing hitam , besar , menjulurkan lidah, maka seketika kita akan meluncat kabur.. kalau yang berani ya melawan hehe..  jelas prinsip ini sangat alami bagus sebagai self-defence . Tetapi tidak ada yang tahu bahwa bisa jadi anjing terebut hendak berkenalan atau sedang memperingatkan sesuatu pada kita, who knows ?

Bahayanya, respon menyerang atau lari ini kita terapkan terhadap persepsi atau halusinasi kita saja. Contoh simpel ketika kita disodorkan sesuatu oleh salesman terkadang kita spontan menolak atau sedari jauh jg sudah menghindar. Who knows , salesman tersebut ingin memberikan kita tester, atau kesempatan bermitra etc. etc.
Begitulah berfikir negatif seolah semua yang ada diunia ini adalah ranjau, yang harus diresponkan dengan lari atau menyerang sehingga menjadikan dunia ini Zero Opportunity.

2.  Tiga Pembunuh

Dibuku tersebut disebut pembunuh karena kebiasaan dari hasil berfikir negatiif ini bagaikan racun, yang masuk pada aliran darah dan kemudian mematikan diantaranya :

a. Mencela

Sikap ini sebenarya lahir karena kita memposisikan diri bertahan, mencela ibarat perisai diri, yang biasanya jadi korban jelas adalah yang dicela. Mencela tidak hanya pada orang lain tapi pada diri sendiri pun sangat mungkin terjadi. Dampak kebiasaan mencela lebih lanjut adalah hilangnya semangat untuk menghargai orang lain.

b. Mengkritik

Kritikan disisilain adalah sifat membangun bagi yang dikritik, tapi ketika kritikan lahir dari fikiran negatif justru tujuan utama adalah menjatuhkan harga diri bagi yang dikritik. Dalam mengkritik hendaknya memang prilaku yang dikritik bukan personal yang dijatuhkan. Kritik kerap kali menghasilkan perasaan tidak berguna pada yang dikritik dan tentunya memancing amarah. Prinsip Sandwich dengan penyampaian yang baik didahului yang positif relatif lebih mendekat pada kritik yang benar.

c. Membanding bandingkan

beberapa contoh membanding -bandingkan

yang pertama adalah membanding bandingkan diri dengan orang lain bisa berupa keadaan, keberhasilan, perilaku dll. pada fase ini jelas anda biasanya membanding-bandingkan kelemahan yang dimiliki dengan kekuatan yang tidak kita miliki dan itu dimiliki orang lain. Alhasil kita menjadi rendah diri, dan sering kali berujung pada rasa iri, dengki, marah dan sedih ?

bener kan ? sering ya ?

yang kedua, membanding-bandingkan kondisi saat ini dengan kondisi masa lalu. Misalnya seseorang pada saat sekarang dalam kondisi psikologi, ekonomi, atau situasi yang lemah nah akibat fikiran negatif sering terlintas masa lalu sedang jaya jayanya dia segala berkecukupan, bahagia, dan kuat. Fikiran seperti ini jelas makin membuat sedih, rendah diri, dan makin galau ya… merasa kehilangan, merasa lemah dan bla bla bla..

yang ketiga, membanding bandingkan orang tertentu dengan orang lain jadi anda berposisi sebagai hakim. Contoh sebagai orang tua terkadang suka membanding-bandingkan anak yang kecil dengan anak yang besar entah itu, prilaku, capaian materi maupun non materi. Pada dasarnya ini membahayakan terutama bagi objek yang dibandingkan dia akan merasa rendah diri , dendam , marah dan energi energi negatif lainnya.

3.Memperkuat Ego Rendah

Ego rendah ini mendorong manusia untuk bersaing, buas, dan membabi buta. Layaknya sifat alami hewani dan bahkan ketika manusia melakukannya bahkan terkadang dibawah standar hewani. Tanpa disadari ego rendah ini menular, seperti ketika kita mengeluarkan amarah, membicarakan orang lain sifat tersebut bak wabah menyerbak seketika.

Ketika kita menggunakan ego terendah kita, tidak ada kamus toleransi pada kehidupan kita

4. Kekuatan Pikiran Negatif

Pembahasan Mind Power (kekuatan pikiran) sangat kompleks dan cukup banyak, mungkin kita akan bahas di seri berikutnya. 18 aspek  dahsyat prinsip kekuatan pikiran bagaikan pedang bermata dua dia akan membuatmu berada di puncak kesuksesan atau membuatmu binasa dengan hina. berikut cuplikan 18 prinsip kekuatan pikiran..

cc.jpeg

itulah dampak berfikir negatif yang pastinya akan membuat hidup kita dalam ke-negatifan.. dan satu ungkapan dari buku ini yang patut kita waspadai

“… Berpikir negatif adalah Candu..”

semoga kita diberikan kekuatan untuk senantiasa berfikir positif.. bagaimana strateginya ? Apa tahapannya ? nantikan tulisan berikutnya,,

terapi-berpikir-positif

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s